Tips Mengatasi Kecemasan Anak Melalui Makanan

JAKARTA — Sebagai orangtua, Anda pasti ingin membantu untuk menurunkan rasa cemas pada anak-anak Anda. Entah cemas karena pertemanan, pelajaran baru di sekolah, atau konflik sosial lainnya. Kecemasan yang tinggi tidak hanya dapat mengganggu proses belajar, tetapi juga mengganggu tidur nyenyak anak Anda di malam hari.

Jika Anda merasa cemas pada anak Anda tidak hilang, konsultasikanlah kepada daokter. Namun, Anda masih bisa mengelola kecemasan anak lewat makanan. Beberapa jenis makanan bisa meningkatkan senyawa kimia di otak yang mampu mengendalikan suasana hati kita.

Serotin dan Oksitosin
Serotin merupakan neurotransmitter yang berperan mengatur mood seseorang. Neurotransmitter adalah senyawa kimiawi dalam tubuh yang bertugas untuk menyampaikan pesan antara satu saraf (neuron).

Serotonin yang diproduksi di usus ini bekerja mempengaruhi otak dalam mengendalikan rasa cemas. Semakin rendah tingkat serotonin dalam tubuh, maka akan semakin cemas seseorang.

‘’Itulah mengapa dokter membuat resep obat depresi seperti Prozac, Paxil dan Zoloft, secara khusus dirancang untuk meningkatkan kadar serotonin di otak,’’ tulis dr. William W. Li, M.D., kontributor di USNews, dalam artikelnya berjudul ‘Using Food to Combat Anxiety in Kids’.

Hormon otak lainnya yang mampu menurunkan kecemasan adalah oksitosin. Senyawa yang dikenal dengan julukan ‘hormon sosial’ ini dikeluarkan oleh kelenjar pituitari otak. Hormon ini memberikan rasa nyaman ketika anda berada di tengah-tengah orang yang Anda sayangi.

Cara kerja oksitosin dengan menurunkan aktivitas listrik di bagian otak yang berhubungan dengan kecemasan. Dalam dunia farmasi, oksitosin digunakan oleh dokter kandungan untuk menginduksi persalinan.

‘’Oksitosin kini sedang dipelajari oleh para peneliti karena kemampuannya untuk mengobati keadaan kecemasan tinggi seperti autisme dan gangguan stres pascatrauma,’’ sebutnya.

Namun, obat bukan satu-satunya cara untuk memperbaiki suasana hati. Seperti disebutkan di atas, beberapa jenis makanan dapat membantu menurunkan kecemasan pada anak-anak.

a. Asam Amino Esensial
Untuk memperbaiki suasana hati, cobalah memberi makanan yang menyediakan asam amino esensial L-tryptophan untuk anak Anda. Seperti bayam, selada air, dan kedelai. Biji labu, biji wijen, kenari, kacang mete dan buncis juga merupakan sumber L-tryptophan yang baik.

‘’Jadi, kombinasi makanan tersebut bisa menjadi pengangkat suasana hati yang membantu menurunkan stres,’’ tulis William.

Beberapa protein hewani seperti kalkun, salmon, telur, dan bahkan produk susu seperti keju Parmesan, mozzarella dan Gruyere juga mengandung L-tryptophan. Tapi ingat, pola makan nabati adalah pilihan yang jauh lebih sehat untuk anak-anak serta seluruh keluarga Anda.

b. Makanan Fermentasi
Makanan yang difermentasi secara alami, mengandung bakteri sehat yang disebut Lactobacillus reuteri. Bakteri tersebut memberi sinyal ke otak untuk melepaskan oksitosin, yaitu hormon sosial dalam otak yang mampu mengatasi kecemasan.

Bakteri sehat ini bisa Anda dapatkan di roti atau keju cheddar. Manfaat lain dari L. reuteri ini juga dapat mengurangi bakteri berbahaya di mulut yang menyebabkan kerusakan gigi. Jadi, mungkin ini bisa menjadi pilihan baik  untuk membuat bekal anak Anda di siang hari saat sekolah.

c. Omega-3
Selain bermanfaat untuk jantung, para peneliti menemukan asam lemak omega-3 dapat menurunkan kecemasan. Omega-3 ini dapat Anda temukan di ikan seperti salmon dan mackerel atau kerang. Tak hanya itu, mungkin yang lebih ramah untuk anak,Anda bisa ditemukan di kacang kenari dan biji chia.

d. Kamomil
Secangkir teh yang menenangkan, tidak hanya cocok untuk orang dewasa. Terutama teh dari bunga chamomile yang digunakan untuk dibuat tanpa kafein dan memiliki efek menenangkan alami. Sebuah uji klinis yang dilakukan di University of Pennsylvania, menunjukkan bahwa chamomile dapat mengurangi gejala kecemasan.

e. Kakao panas
Secangkir coklat panas adalah minuman yang menenangkan yang disukai sebagian besar anak-anak. Cokelat mengandung polifenol kakao yang merangsang otak untuk melepaskan endorfin, hormon alami yang mengurangi stres dan memicu euforia. Pilihlah cokelat hitam untuk dinikmati oleh seluruh keluarga Anda.

SUMBER     : republika.co.id

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming