Tips Atasi Anak Mengompol pada Malam Hari

JAKARTA — Memasuki usia lima tahun, anak-anak biasanya memiliki kontrol yang baik pada kandung kemih, termasuk di malam hari. Tetapi sekitar 14 persen anak-anak di atas lima tahun masih mengompol. Satu hingga lima persen terus melakukannya hingga usia 10 tahun, dilansir Express Parenting, Rabu (1/1).

Mengompol adalah masalah umum di kalangan anak-anak. Jika anak terus membasahi tempat tidur pada usia yang lebih tua, itu bisa sangat memalukan bagi anak dan orang tua.

Mengompol atau enuresis adalah suatu kondisi di mana anak tidak dapat mengontrol kandung kemih dan mengacu pada hilangnya kontrol di malam hari. Dr Shishir Bhatnagar, konsultan pediatri dan neonatologi, kelompok rumah sakit Cloudnine, mengatakan pada usia sampai usia 18 bulan, kandung kemih memiliki mekanisme kontraksi yang tidak disengaja.

Jadi, ketika diisi dengan urin, ia berkontraksi dan melepaskan urin. Ini berarti anak tidak memiliki banyak kontrol  pada pengosongan kandung kemih. 
“Mereka mulai mendapatkan kontrol pada usia dua atau tiga tahun sehingga anak dapat menunjukkan begitu tekanan meningkat di kandung kemih,” kata Bhatnagar.

Namun, banyak kasus perkembangan yang mungkin tertunda. Anak-anak antara usia empat dan lima tahun biasanya memiliki kontrol yang baik terhadap tekanan kandung kemih di siang hari.

“Mengompol sangat normal dan tidak terkait dengan penyakit. Hanya ada kondisi langka di mana enuresis bisa menjadi masalah dan diobati dengan obat atau intervensi bedah,” kata dokter anak tersebut.
Apa yang bisa dilakukan orang tua? Bhatnagar berbagi beberapa tips yang harus diingat orang tua untuk mengendalikan masalah mengompol anak mereka.

1. Bicaralah dengan anak Anda untuk memahami apa yang mengganggu dia, apa yang dia suka atau tidak suka.

2. Orang tua tidak dapat membandingkan satu anak dengan anak lainnya. Menekan anak agar tidak mengompol di malam hari sebenarnya bisa menyebabkan lebih banyak mengompol. Alih-alih memarahi anak, orang tua perlu meyakinkan dan menghibur mereka meskipun  harus mulai melatih mereka untuk mengendalikan kandung kemih begitu mereka berusia empat hingga lima tahun.

3. Memberi hadiah kepada anak karena tidak mengompol juga dapat mendorong mereka untuk mengatasi masalah.

4. Kurangi asupan cairan di malam hari

5. Orang tua juga harus berkonsultasi dengan pendidik dan konselor sekolah, jika anak telah dipindahkan ke sekolah baru dan tidak dapat menyesuaikan diri. Atau jika teman dan guru mereka bersikap keras terhadap mereka atau menindas, orang tua menjadi tahu. Segala bentuk kesusahan yang mungkin dihadapi anak juga dapat menyebabkan mengompol.

SUMBER     : republika.co.id

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

 

Streaming