Popcorn Tersangkut di Gigi, Pria Inggris Jadi Sakit Jantung

LONDON — Seorang pria asal Inggris bernama Adam Martin mengalami infeksi serius yang mengancam jiwanya setelah secuil popcorn tersangkut di giginya. Ia mengatakan berusaha mengeluarkan kulit ari berondong tersebut dengan berbagai benda yang kemudian justru membahayakan dirinya.

Martin yang merupakan seorang petugas pemadam kebakaran di Cornwall, Inggris menuturkan, ia pertama kali melihat potongan popcorn tersangkut di gigi belakangnya setelah menonton film bersama sang istri pada September 2019. Pria berusia 41 tahun itu kemudian terus mencoba mengambil pecahan kulit biji jagung itu mulai dari menggunakan tusuk gigi, kawat, hingga paku.

Bahkan, Martin juga telah membuat gusi di sekitarnya berdarah selama mencoba mengambil popcorn yang tersangkut. Sepekan kemudian, ia mulai mengalami gejala-gejala gangguan kesehatan, seperti keringat di malam hari, kelelahan, dan sakit kepala.

Semula, Martin mengira ia terserang flu, namun belakangan ayah dari tiga anak  mengetahui bahwa itu adalah tanda-tanda endokarditis atau infeksi endokardium di lapisan jantung. Infeksi ini terjadi ketika bakteri dari mulut, kulit, usus, dan area lain dari tubuh memasuki aliran darah.

Gejala-gejala yang dialami Martin tak juga sirna hingga Oktober. Dokter pun mendiagnosis bahwa ia mengalami murmur jantung ringan. Ketika diperbolehkan pulang, ia masih merasa tidak sehat sehingga memutuskan kembali memeriksakan diri ke Rumah Sakit Royal Cornwall.

“Saya merasa ada sesuatu yang salah. Saat tidur, saya merasa tidak enak, kaki saya sakit, demikian dengan lengan dan akhirnya dirawat di rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut. Pada titik ini, saya sangat khawatir,” ujar Martin dilansir Fox News.

Martin mengatakan, berdasarkan pemindaian di dada, terlihat jantungnya telah rusak karena infeksi. Ia kemudian dipindahkan ke rumah sakit yang berbeda dan menjalani operasi jantung terbuka selama tujuh jam untuk memperbaiki katup mitralnya dan mengganti katup aortiknya.

“Jantung saya tidak tidak berfungsi dengan baik lagi. Itu pada dasarnya hancur. Infeksi telah memakan katup,” kata Martin.

Menurut Martin, kondisi berbahaya yang mengancam jiwanya tidak akan terjadi jika sejak awal ia pergi ke dokter gigi mengatasi masalah popcorn yang tersangkut. Ia mengaku tidak pernah berpikir sesuatu yang dianggap sangat sepele bisa menjadi sangat berbahaya.

“Ini adalah pengalaman terburuk dalam hidup saya dan saya tidak jauh dari pintu kematian, saya beruntung. Popcorn yang tersangkut di gigi saya adalah satu-satunya penyebab yang bisa saya pikirkan, ini sangat gila untuk memikirikannya,” jelas Martin.

SUMBER     : republika.co.id

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming