PENYEBAB BENTOL BERAIR DI TELAPAK SEKALIGUS CARA MENGATASINYA

1. Gesekan pada tangan

Adanya gesekan pada kulit tangan bisa menyebabkan munculnya lenting air. Gesekan ini umumnya terjadi pada mereka yang bekerja mengandalkan kekuatan jari tangan, contohnya tukang kebun dan koki. 

Tangan mereka cenderung menerima banyak gesekan dari berbagai benda, seperti terus memegang pisau atau gunting taman. Risikonya akan semakin bertambah besar ketika tangan mereka berkeringat karena menggunakan sarung tangan. 

Gesekan memberi tekanan pada lapisan kulit terluar (epidermis). Semakin banyak gesekan, semakin besar pula tekanan pada kulit. Akibatnya, lapisan kulit terluar mengalami kerusakan dan memicu munculnya bentol berair di telapak tangan.

Cara mengatasinya:

Langkah paling aman untuk mengatasi bentol berair di telapak tangan karena masalah ini adalah membiarkannya sembuh dengan sendirinya. Namun, ini harus disertai dengan menjaga kebersihan tangan, seperti rajin cuci tangan

Bisa juga dengan memecahnya tapi harus dengan cara yang benar. Cucilah tangan hingga bersih, kemudian siapkan alkohol, jarum, dan kapas. 

Basahi jarum dengan alkohol, tusuk ke area kulit yang melepuh lalu keluarkan cairan di dalamnya. Bersihkan cairan tersebut dengan kapas dan oleskan petroleum jelly agar lebih cepat pulih.

2. Terpapar benda panas

Selain gesekan, bentol berair di telapak tangan sangat umum terjadi ketika tangan Anda menyentuh benda yang panas. Suhu panas melukai lapisan terluar kulit sehingga menimbulkan lenting air.

Kulit yang melepuh ini biasanya terjadi akibat cipratan air panas atau tidak sengaja menyentuh alat memasak yang menghantarkan panas. 

Cara mengatasinya:

Jika lepuhan kulit tidak melibatkan area yang luas, Anda masih bisa mengobatinya di rumah. Segera oleskan gel lidah buaya untuk mencegah peradangan lebih parah sekaligus memberikan sensasi menyejukkan pada kulit sehingga mengurangi rasa nyeri. 

Oleskan bahan ini secara rutin, agar bentol berair di telapak tangan lebih cepat mengering dan sembuh. 

3. Terpapar bahan kimia tertentu

Selain panas, bentol berair pada telapak tangan juga bisa muncul akibat paparan bahan kimia tertentu. Ini merupakan reaksi kulit terhadap bahan yang sifatnya iritan, seperti detergen, sabun, atau bahan pembersih lainnya. 

Cara mengatasinya:

Mengatasi reaksi iritasi pada kulit ini yang paling baik adalah menghindari paparan pemicunya. Pasalnya, iritasi akan terus terjadi jika kulit Anda tetap terpapar bahan yang sifatnya iritan. Kondisinya akan membaik dengan sendirinya, tapi Anda bisa menggunakan krim yang mengandung kortikosteroid dan krim antigatal untuk meredakan gejala. 

3. Dishidrosis (eksim tangan)

Bentol berair di telapak tangan bisa menjadi salah satu gejala dari dishidrosis (eksim dishidrotik). Bentol ini akan berlangsung selama tiga minggu disertai rasa gatal. Setelah lenting melepuh, kulit akan mengering dan bersisik. 

Kondisi ini rentan terjadi pada orang yang memiliki alergi, kulit sensitif, dan rentan terpapar bahan kimia seperti kobalt atau nikel.

Cara mengatasinya:

Meski penyebabnya tidak diketahui, perawatan akan difokuskan pada tindakan pencegahan dan penanganan gejala. Dokter akan memberikan krim atau salep mengandung kotrikosteroid dan obat antihistamin. 

Tindakan pencegahan dilakukan dengan menggunakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan tertentu, dan menggunakan pelembap untuk mengatasi kulit kering mengelupas.

Haruskah periksa ke dokter?

Bentol berair di telapak tangan umumnya dapat disembuhkan dengan perawatan rumahan. Namun, pada kasus tertentu membutuhkan bantuan dokter. Terutama jika bentol tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu, menimbulkan rasa nyeri dan gatal yang mengganggu aktivitas.

SUMBER : hellosehat.com

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming