PENTINGNYA MENJAGA HUBUNGAN DENGAN KELUARGA

JAKARTA –– Kualitas hubungan dengan keluarga ternyata dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Bahkan pengaruhnya lebih besar dari hubungan dengan pasangan seiring dengan bertambahnya usia.

Sebuah studi baru yang diterbitkan oleh American Psychological Association dalam Journal of Family Psychology menemukan bahwa orang yang merasa tidak didukung oleh keluarga akan lebih mungkin menderita penyakit kronis daripada mereka yang tidak bahagia dengan pasangan mereka. Studi menjelaskan bahwa hubungan emosional dengan keluarga, yakni ibu, ayah, kakak, adik, atau kakek dan nenek, disebut memiliki efek lebih besar terhadap hidup.

“Kami menemukan bahwa emosional keluarga memiliki efek besar pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk perkembangan atau memburuknya kondisi kronis seperti stroke dan sakit kepala selama rentang 20 tahun,” ujar Sarah B. Woods, PhD, penulis utama studi ini dan asisten profesor keluarga dan kedokteran masyarakat di UT Southwestern Medical Center, Texas, Amerika Serikat (AS).

Dilansir di Southern Living, Senin (11/11) disebutkan, studi ini melihat data yang dikumpulkan pada hampir 3.000 orang antara tahun 1995 dan 2014. Selama tahun-tahun itu sebanyak tiga kali, orang diminta untuk menilai ketegangan dalam hubungan romantis dan keluarga mereka. Informasi itu kemudian dibandingkan dengan jumlah total kondisi kronis mereka, mulai dari stroke hingga sakit kepala.

SUMBER     : Republika.co.id

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming