Pentingnya Ciptakan Suasana Positif di Rumah Saat Pagi Hari

 JAKARTA — Bagi para orang tua pekerja, menciptakan suasan hati yang positif di pagi hari mungkin sulit. Terlebih bagi para ibu, pagi hari menjadi waktu paling sibuk.

Ibu harus menyiapkan sarapan bagi keluarga, memandikan anak, hingga mengerjakan pekerjaan rumah tangga sebelum berangkat kerja. Belum lagi, bila memiliki lemburan yang tak selesai di kantor, tentu harus dikerjakan di pagi hari kemudian.

Dilansir melalui entrepreneur, Jumat (3/1), meski memiliki segudang kesibukan orang tua tetap harus membangun suasana postif di pagi hari. Sebab, hal ini akan berpengaruh terhadap mood anak di hari tersebut.

Berikut sejumlah kiat yang bisa dilakukan orang tua untuk mengurangi stres dan menciptakan suasana menyenangkan di pagi hari.

Tuntaskan pekerjaan di malam sebelumnya

Setiap orang memiliki rutinitas yang berbeda tetapi kuncinya adalah kita beradaptasi dengan rutinitas dan terutama anak-anak juga. Sebaiknya, siapkan baju yang akan dipakai oleh kita, suami, dan anak-anak. Bila harus memasak sarapan, potong sayuran dan bahan lainnya di malam hari agar lebih mudah memasaknya untuk makan pagi.
Jangan sarapan instan

Banyak waktu yang terbuang untuk mencari tahu apa yang harus dibuat untuk sarapan, dan jangan selalu menyediakan sereal. Siapkan buah yang sudah dipotong-potong sebelumnya, atau telur rebus dan roti bakar yang mudah dibuat sendiri oleh anak-anak.

Urus diri Anda terlebih dahulu

Sama seperti analogi masker oksigen pesawat terbang, Anda harus mengurus diri Anda terlebih dahulu agar berfungsi dengan baik. Jadi apakah itu olahraga, meditasi, atau membaca email Anda saat sarapan. Pastikan bahwa Anda mengenakan baju kerja sebelum Anda mengambil tanggung jawab untuk menyiapkan anak-anak.

Membagi pekerjaan dengan pasangan Anda

Seperti halnya banyak tugas di kantor, kerja tim memudahkan beban bagi semua orang dan mendorong kesuksesan. Jadi mengapa tidak melakukan hal yang sama di rumah?

Identifikasi kekuatan dan kelemahan Anda dan buat rencana dengan pasangan Anda. Contohnya, Anda suka berolahraga di pagi hari, sedangkan suami Anda lebih suka bekerja lebih awal dan menikmati kopinya.

Suami Anda dapat menghabiskan waktu bersama anak-anak, membuatkan mereka sarapan, dan kemudian Anda pulang seusai berolahraga untuk menyelesaikan bekal makan siang yang disiapkan malam sebelumnya, sebelum mengantar anak-anak untuk sekolah.

Untuk orang tua tunggal, bertujuan untuk mempersiapkan sebanyak yang Anda bisa malam sebelumnya dan mengajar anak-anak Anda untuk membantu menyiapkan sarapan dan tas sekolah mereka.

Bentuk squad dengan anak-anak

Ajari anak-anak Anda untuk membantu. Anak-anak berusia sekolah dasar dapat diajari membuat sarapan sederhana seperti roti selai, menyiapkan yogurt atau memotong buah dari lemari es. Ketika Anda memberi anak-anak Anda kepemilikan dan tanggung jawab, Anda memberdayakan mereka dengan percaya diri dan kemandirian yang akan memberi hasil dalam jangka panjang.

Buat rak atau tempat khusus barang-barang pribadi

Mencari sepatu, peralatan sekolah atau peralatan lainnya adalah pemicu stres di pagi hari. Untuk itu, buat lemari atau rak khusus dekat pintu dimana semua orang memiliki tempatnya masing- masing. Misalnya, ransel anak-anak atau sepatu sekolah mereka, sehingga akan mudah mengambilnya di pagi hari.

SUMBER     : republika.co.id

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming