MENU MAKANAN FAVORITE OLAHAN KAMBING IDHUL ADHA

Tahun ini, hari raya Idul Adha bertepatan pada 11 Agustus 2019. Idul Adha merupakan perayaan terbesar kedua dalam agama Islam. Namun, terkadang Idul Adha juga disebut Idul Fitri, lantaran banyaknya makanan aneka jenis yang dihidangkan sebagai bagian dari perayaan. 

Dilansir di //Independent.con.uk// pada Ahad (11/8), Idul Adha membutuhkan pengorbanan hewan, biasanya domba atau kambing. Hal itu sebagai peringatan kesediaan Nabi Ibrahim AS mengorbankan putranya, Ismail AS, atas kepatuhannya pada perintah Allah SWT. 

Berikut sejumlah hidangan yang merupakan olahan domba dan kambing yang paling banyak dimakan saat Idul Adha di sejumlah negara.

Nasi Biriyani

Biriyani adalah hidangan nasi populer dari Asia Selatan. Isinya berupa sayuran, daging (biasanya kambing), rempah-rempah, dan aromatik. Nasi biriyani biasanya disajikan bersama semur, tagine, dan kari lainnya.  

Tagine

Idul Adha tidak melulu tentang daging. Ada pilihan makanan yang bisa dinikmati vegetarian. Di maroko, tagine adalah makanan populer saat Idul Adha. Hidangan itu terdiri dari sup gurih yang dikukus dengan sayuran. Jika bukan vegetarian, Anda juga dapat menambahkan unggas, daging atau ikan ke dalamanya. Biasanya, tagine sering disajikan dengan couscous.  

Kurma

Kurma bisa menjadi hidangan pilihan lain yang ramah bagi vegetarian, atau bisa dibuat dengan daging. Korma adalah kari populer di anak benua India. Kurma dibuat dengan sayuran atau daging yang telah direbus dengan krim atau yoghurt, air, dan rempah-rempah untuk menghasilkan saus kental. Seperti kebanyakan kari lainnya, korma biasanya disajikan dengan nasi.  

Maqluba

Maqluba populer di negara-negara Timur Tengah dan terdiri dari sayuran goreng, daging, dan nasi yang dimasak bersama dalam pot. Cara menyajikannya dibalik, sehingga nasi berada pada urutan paling bawah.  

Tufahije

Tufahije adalah makanan penutup di Bosnia yang populer. Tufahije dibuat dengan merebus apel dalam air gula. Kemudian, ada lapisan kacang dan topping es krim atau creme fraiche. Biasanya, tufahije disajikan dalam gelas besar.

Sheer Khurma

Makanan penutup Mughlai ini, terkadang disebut susu dengan kurma. Sheer Khurma disajikan dengan bihun, susu, gula, kurma, dan buah-buahan kering. Hidangan dibuat dengan memasak bihun dalam susu sampai lunak dan campuran mengental. Kemudian, buah kering ditambahkan di atasnya.

Maamoul

Kue-kue mentega yang populer di Libanon. Kue basah itu bisanya memiliki isian kenari, pistachio, gula, dan air mawar.

SUMBER : REPUBLIKA.CO.ID, 

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming