Kulit Kaki Melepuh karena Kebanyakan Jalan, Ini 4 Tips untuk Mencegahnya

Kebanyakan jalan kaki bisa membuat kulit kaki Anda melepuh. Kondisi ini terjadi akibat kulit iritasi karena gesekan dan tekanan secara terus-menerus. Biasanya, hal ini terjadi jika sepatu atau flat shoes yang Anda pakai ukurannya sempit.

Gesekan dan tekanan antara kulit dan sepatu menyebabkan kerusakan kecil pada jaringan di bawah kulit. Kemudian, cairan akan menumpuk tepat di lapisan tersebut.

Kadang, lepuhan juga bisa berisi darah jika sampai melukai pembuluh darah kecil di sekitar kaki.

Jika diperhatikan, lepuhan ini membentuk benjolan kecil transparan yang terasa lembut danperih ketika disentuh. Supaya jalan-jalan Anda tidak terganggu, ikuti cara mencegah kaki melepuh yang dikutip dari laman Cleveland Clinic berikut ini.

1. Pilih sepatu yang cocok
Pergi jalan-jalan, tidak hanya mementingkan gaya berpakaian tapi juga kenyamanan.Salah satunya, pilihan sepatu yang akan digunakan.

Cara pertama mencegah kaki melepuh akibat salah pilih alas kaki, pilihlah sepatu yang tidaksempit. Berikan sedikit ruang sisa ketika menggunakan sepatu. Dengan begitu, akan memberikansedikit kelegaan dan mempermudah kaki ketika berjalan. Gesekan yang terjadi juga jadi lebih sedikit.

Hindari penggunaan sepatu yang masih baru untuk berjalan dalam waktu lama, terutama yang ukurannya sangat pas untuk kaki.

2. Oleskan pelembap pada kaki
Cara mencegah kaki melepuh selanjutnya adalah memakai pelembap kaki. Pelembap dapat bekerja sebagai pelumas yang melindungi kelembapan sekaligus meminimalisir terjadinya gesekan antara sepatudengan kulit kaki.

Anda bisa menggunakan petroleum jelly, bedak, dan antiperspirant kaki yang mengandung aluminium klorida. Ketiga produk tersebut sering digunakan oleh atlet lari untuk menjaga kaki tetap kering sekaligus mencegah terbentuknya lepuhan di kaki selama mereka berlatih.

3. Pakai kaus kaki
Selain pakai pelembap, Anda juga bisa mencegah kulit kaki melepuh dengan cara pakai kaus kaki yang tepat.Pilih kaus kaki yang berbahan lembut agar kulit tidak juga bergesekan dengan kaus kaki. Anda bisa menggunakan kaus kaki berbahan akrilik atau polypropylene.

Sebelum memakainya untuk jalan jauh, gunakan lebih dahulu kaus kaki tersebut. Cobalah apakah kaus kakitersebut membuat sepatu Anda terasa sempit atau tidak. Jika iya, pilihlah kaus kaki yang lebih tipis.

4. Pakai plester
Kaus kaki bukan satu-satunya pilihan untuk melindungi kulit kaki dari gesekan. Anda bisa menggunakan plester penutup luka pada kaki sebagai salah satu cara mencegah kulit kaki melepuh. Gunakan di area yang rentan mendapatkan gesekan, yakni sekitar tumit dan bagian jari kelingking.

5. Beristirahat dan bawa sandal untuk cadangan
Cara mencegah kulit kaki melepuh yang terakhir adalah dengan beristirahat. Jika Anda mulai merasakantidak nyaman pada area kaki Anda, berhentilah berjalan.

Penting pula untuk membawa sandal cadangan agar ketika merasakan sakit dan melepuh pada kaki akibatkebanyakan jalan Anda bisa menggantinya.

Memakai sandal bisa membuat menghindarkan kaki Anda dari gesekan, keringat, dan udara yang lembap.

SUMBER : HELLOSEHAT.COM 

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

 

 

Streaming