Korban Jiwa Terus Bertambah

JAKARTA –– Jumlah korban meninggal dunia akibat bencana banjir di Jakarta, Jawa Barat, dan Lebak, Banten, terus bertambah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, banjir telah merenggut 60 korban jiwa hingga Ahad (5/1). Pada Sabtu (4/1), BNPB mencatat sebanyak 53 orang meninggal dunia dan satu orang hilang.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo menyampaikan, korban jiwa paling banyak terdapat di Bogor, Jawa Barat, dengan jumlah korban sebanyak 16 jiwa. Sedangkan, di Kabupaten Lebak, ada sebanyak sembilan korban jiwa.

Ia menjelaskan, penyebab korban meninggal dunia bermacam-macam. Warga yang meninggal akibat terseret arus banjir sebanyak 31 jiwa, tersengat listrik 6 jiwa, keracunan asap genset 4 jiwa, longsor 4 orang, banjir dan kebakaran 2 jiwa, hipotermia 2 jiwa, serangan jantung 2 jiwa, lalu tertimpa bangunan 2 jiwa.

“Sisanya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan usia lanjut satu jiwa, kelelahan satu jiwa, dan belum teridentifikasi lima orang,” kata Agus kepada Republika, Ahad (5/1).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, puncak musim hujan 2020 baru terjadi pada Februari dan Maret. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati.

Kepala Bidang (Kabid) Diseminasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Djatmiko menjelaskan, saat ini Indonesia sudah memasuki musim hujan. “Kemudian, untuk puncaknya lebih didominasi pada Februari dan Maret 2020,” katanya saat dihubungi Republika.

Ia mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. “Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada,” ujarnya.

SUMBER     : republika.co.id

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming