KIAT MENCINTAI PERPUSTAKAAN DI ERA DIGITAL

BANTEN —  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten pada tanggal 16 sd 21 September menggelar Hari Kunjung Perpustakaan 2019. Hal ini patut mendapat apresiasi karena sudah merespons perkembangan teknologi digital terkait Perpustakaan.

Kegiatan diisi dengan berbagai rangkaian aktivitas antara lain bazar buku murah, bedah buku, lomba mewarnai, dongeng, bedah film, dll. Salah satu kegiatan yang cukup menarik adalah talkshow perpustakaan yang dilaksanakan pada kamis (19/9) dengan tema mencintai perpustakaan untuk meraih sukses.

Para pembicara terdiri dari Gun Gun Siswadi mantan Staf Ahli Menteri Kominfo, yang saat ini sebagai akademisi Fakultas Komunikasi Universitas Esa Unggul Jakarta sekaligus sebagai Pegiat Literasi Digital. Jaro Ruhendi, Kepala Desa Warung Banten yang mengelola perpustakaan Desa Terbaik Nasional. Peserta terdiri dari pustakawan, pegiat literasi, mahasiswa, pelajar dan peserta umum lainnya.

Siswadi, dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/9) menuturkan telah terjadi trasformasi digital di berbagai sektor kehidupan, termasuk di bidang pepustakaan. Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia yang menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJI) mencapai 171,17 juta jiwa. “Internet kini sudah menjadi kebutuhan pokok dalam menunjuang pekerjaan,” katanya.

Bertambahnya jumlah pengguna internet di Indonesia akan berpotensi terhadap peningkatan jumlah perpustakaan digital. Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang untuk mengembangkan perpustakaan digital di Indonesia. Respon peserta terhadap paparan pembicara sangat posistif, hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan dari peserta dan dijawab pembicara dengan baik.

SUMBER : REPUBLIKA.CO.ID

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming