Ketahui Perawatan Dasar yang Diperlukan Orang Lanjut Usia

 JAKARTA ––  Sebagai seorang anak sudah menjadi kewajiban merawat orang tua yang sudah lanjut usia, terlebih jika ayah atau ibunda memiliki penyakit tertentu.  Medical Director LoveCare, Dr Venita Eng Msc mengungkapkan, perawatan dasar yang diperlukan orang lanjut usia adalah memperhatikan aktivitas kehidupan sehari-harinya. 

“Kalau kebutuhan hidup sehari-harinya sudah terpenuhi baru nanti ke bagian self esteem,” ujar Venita saat ditemui setelah acara peluncuran layanan homecare LoveCare di Tugu Kunstkring Menteng Jakarta, beberapa waktu lalu.

ADLs yang disebut oleh Venita adalah aktivitas kehidupan sehari-hari yang digunakan oleh profesional kesehatan merujuk pada tugas perawatan mandiri dasar yang dilakukan individu dari hari ke hari.  eperti yang dilansir dari laman Senior Living, kemampuan atau ketidakmampuan individu melakukan ADLs sering digunakan para profesional kesehatan sebagai cara mengukur status fungsional individu, terutama orang dewasa yang lebih tua atau mereka yang cacat.

ADLs meliputi beberapa hal, yaitu mobilitas fungsional yang mencakup kemampuan untuk berjalan dan duduk di kursi atau berbaring serta bangun di tempat tidur. Pada dasarnya, ini adalah kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, ketika seseorang menjalani rutinitas hariannya.

Selain itu, kebersihan pribadi, perawatan mulut dan perawatan diri, termasuk kulit serta rambut juga termasuk kemampuan atau ketidakmampuan yang perlu dicermati dari lansia. Bentuknya bisa berupa mandi dengan menggunakan pancuran atau mandi pada umumnya.

Selanjutnya, terkait penggunaan toilet seperti membersihkan diri sehabis buang air kecil atau buang air besar. Kemampuan berpakaian, meliputi memilih pakaian yang sesuai dan mengenakannya juga harus diperhatikan. Lalu, kemampuan makan sendiri.

Salah satu cara untuk melihat ADLs dasar adalah dengan mengganggapnya sebagai aktivitas yang dilakukan seseorang ketika mereka bangun di pagi hari untuk bersiap meninggalkan rumah dan melakukan aktivitas yang mereka lakukan setiap hari. Seiring bertambahnya usia seseorang, aktivitas sehari-hari perlahan-perlahan menjadi lebih sulit untuk diselesaikan secara mandiri dan secara bertahap.

Mereka akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Masalah kesehatan tertentu, seperti strok atau kecelakaan, juga memengaruhi kemampuan seseorang untuk mencapai ADLs.

SUMBER     : republika.co.id

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming