BMKG: Hujan Lebat-Sedang di Jabodetabek Hingga Pekan Depan

JAKARTA –– Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berlangsung hingga satu pekan ke depan. Mulai dari 25 Februari hingga 1 Maret 2020 mendatang.

“Sepekan ke depan masih ada potensi hujan dengan intensitas lebat khususnya di wilayah Jabodetabek,” ujar Dwikorita dalam konferensi pers di kantor BMKG, Jakarta Pusat, Selasa (25/2)

Ia menuturkan, potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumarera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Bali. Kemudian juga terjadi di Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Ia mengatakan, hujan intensitas tinggi yang terjadi hari ini dan 1 Januari 2020 lalu terjadi bukan semata-mata karena fenomena alam seperti pengulangan kondisi ekstrim dan kenaikan suhu. Sebab, suhu udara di sebagian besar wilayah di Indonesia meningkat.

“Tidak murni karena fenomena alam, fenomena ini terjadi selain intensitas yang meningkat dan pengulangan kondisi ekstrim yang meningkat terjadi fenomena kenaikan suhu,” kata dia.

Selain itu, BMKG memprakirakan kondisi cuaca dengan hujan intensitas tinggi masih terjadi mulai akhir Februari hingga 10 hari pertama Maret. Hujan periode ini diprakirakan mengguyur Jawa Barat bagian timur, Jawa Tengah bagian tengah, Kalimantan Barat bagian utara, Sulawesi bagian tengah, dan Papua bagian tengah.

Kemudian hujan intensitas tinggi masih berlanjut pada 10 hari kedua di bulan Maret. Hujan periode ini akan turun di sebagian wilayah Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Manokwari bagian timur, dan Papua bagian tengah.

SUMBER     : republika.co.id

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming