BANTU LANSIA CEGAH MASALAH GIGI

, JAKARTA —  Sebagai organ yang bergerak setiap detik, fungsi mulut sangat krusial pada setiap orang. Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Prof drg Rahmi Amtha mengungkapkan bahwa gigi dan mulut dapat terkena dampak dari penyakit yang terjadi di organ lain.

Untuk dapat meminimlaisir masalah gigi dan mulut, maka hal yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihannya. Laman Mouth Healthy menyebut orang yang hanya bisa terbaring di kasur juga harus pastikan kesehatan giginya  tetap terjaga. Bakteri dari dalam mulut dapat terhirup ke paru dan memicu pneumonia.

“Nomor satu adalah kebersihannya. Kebersihan rongga mulut itu segala-galanya, karena kalau kebersihan mulutnya bagus, otomatis jaringan keras (gigi) dan jaringan lunak (gusi) akan terjaga,” tutur Rahmi.

Agar kesehatan gigi dan mulut lansia terjaga, anggota keluarga dapat membantu membersihkan secara teratur. Lansia juga perlu diajak ke dokter gigi.

Di samping itu, andaikan ada perubahan dalam mengonsumsi makanan, anggota keluarga dapat mencurigai masalah gigi menjadi dalangnya. Contohnya, saat ayah, ibu, atau kakek dan nenek makan tak sebanyak biasanya.

Lansia rawan memang terkena penyakit tidak menular, utamanya hipertensi (63,5 persen). Di urutan kedua gangguan kesehatan pengusik lansia, ada masalah gigi (53,6 persen).

“Dari 47 juta lansia di Indonesia saat ini, sekitar 24 jutanya mengalami masalah pada gigi,” kata Kasubdit Kesehatan Lanjut Usia, Kementrian Kesehatan, Nurlina Supartini.

Sementara itu, menurut drg Dewi Priandini, proses penuaan yang terjadi secara alamiah akan menyebabkan kelainan-kelainan yang timbul di rongga mulut. Andaikan ada penyakit lain, seperti diabetes, kondisi mulut juga bisa terimbas.

“Penyakit ini bisa timbul karena gaya hidup,” jelas dokter gigi dari RS Mayapada, Jakarta ini dalam peringatan Hari Kesehatan ke-55 di International Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), beberapa waktu lalu.

Terkait masalah rongga mulut yang dialami lansia, Dewi menjelaskan bahwa kondisi yang dialami biasanya berupa gigi goyang atau berlubang, radang gusi, mulut kering, sampai kanker mulut. Satu yang paling banyak terjadi adalah mulut kering yang mengakibatkan jamur dalam mulut.

SUMBER     : republika.co.id

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming