Apakah Masker Dapat Lindungi Orang dari Virus Corona?

 JAKARTA — Begitu pneumonia misterius merebak di Wuhan, China, permintaan akan masker pun melonjak. Orang beramai-ramai membeli masker dengan harapan bisa terlindungi dari infeksi virus corona jenis baru yang menyebabkan penderitanya demam tinggi, batuk kering, dan sesak.

Pertanyaannya, apakah masker bedah seperti yang dipakai banyak orang itu benar-benar berfungsi melindungi dari virus corona? Dilansir FOX News, Dr William Schaffner, seorang profesor obat pencegahan dan penyakit menular di Vanderbilt University mengatakan bahwa masker bedah tidak akan mencegah penyakit untuk menjangkiti seseorang.

Schaffner menjelaskan, masker bedah sejatinya digunakan oleh dokter untuk melindungi pasien mereka dari kuman yang ditularkan melalui mulut. Masker itu tidak bekerja untuk mencegah seseorang menghirup kuman penyakit, menurutnya.

Masker yang menutupi hidung dan mulut sering terbuat dari bahan yang tipis dan tidak sempurna menutupi kontur wajah. Ada ruang dan celah bisa terbentuk di sekitar pipi dan tepi mulut, sehingga udara mudah masuk dan keluar.

SUMBER     : republika.co.id

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming