ADB: ANGKA KELAPARAN DI INDONESIA MASIH BESAR

JAKARTA –– Hasil riset dari Asian Development Bank (ADB) menyatakan bahwa sektor pertanian di Indonesia masih sangat membutuhkan tambahan investasi dari  pemerintah. Perlu ada peningkatan riset pertanian agar kebutuhan pangan di dalam negeri bisa dipenuhi.

Di sisi lain, ADB memandang Indonesia perlu melakukan perubahan regulasi dan perbaikan dalam penyuluhan pertanian untuk meningkatkan kinerja perekonomian. Dampak akhir yang diharapkan dari membaikan sektor pertanian adalah meningkatkan ketahanan pangan nasional dan menekan angka kelaparan.

“Menghapus angka kelaparan di Indonesia memerlukan peningkatan investasi di sektor pertanian dan perdesaan untuk memacu produktivitas, modernisasi sistem pangan, dan meningkatkan efisiensi pasar pangan,” kata Ketua Tim Peneliti dalam Laporan ADB bertajuk ‘Peningkatan Investasi untuk Ketahanan Pangan’ yang diterima Republika.co.id, Rabu (6/11).

ADB mencatat, sektor pertanian dan ekonomi Indonesia telah membuat kemajuan selama beberapa dekade terakhir. Hanya saja, angka kelaparan kronis di Indonesia masih mencapai 22 juta orang pada kurun waktu 2016-2018. Karenanya, investasi pertanian mendesak untuk digenjot demi mengurangi angka kelaparan pada tahun 2034 mendatang.

Officer ADB khusus Spesialisasi Sumber Daya Alam dan Pertanian, Abul Basher, menjelaskan selain investasi, pusat penelitian dan pengembangan pertanian, infrastruktur irigasi dan infrastruktur perdesaan juga harus ditingkatkan.

Kontribusi sektor pertanian terhadap total produk domestik bruto (PDB) juga tercatat mengalami penurunan dari 30 persen terhadap PDB tahun 1975 menjadi 13,1 persen pada tahun 2017. Di sisi lain, situasi tenaga kerja pertanian juga menurun dari 62 persen terhadap total tenaga kerja Indonesia tahun 1975 menjadi hanya 29,7 persen tahun 2017.

Sektor pertanian diakui dapat menghasilkan banyak manfaat tambahan ekonomi. Namun, yang paling mendasar ialah memastikan ketahanan pangan untuk memberantas kelaparan.

SUMBER : REPUBLIKA.CO.ID

Find us on
Frequensi              : 105.3 FM
Email                     : radiocahayaindah@gmail.com
Website                 : http://www.cahayafm.com
SMS & Whatsapp : http://wa.me/+62816228904
No Telp                 : (0266) 6545666/+628111177035

Streaming