Arus Mudik dari Luar Negeri

Kunjungan presiden Amerika Serikat ke-44 hangat diberitakan beberapa media nasional, kedatangannya dikaitkan dengan tradisi mudik yang merupakan rutinitas hiruk pikuk umat muslim menjelang dan setelah hari raya idul fitri. Sebagaimana diketahui sang presiden pernah menetap di Indonesia sebelum akhirnya pindah dan menjadi warga Amerika Serikat.

Media saat ini gencar memberitakan arus mudik di dalam negeri, terutama arus mudik warga ibu kota dan sekitarnya. Selain pemudik dari dalam negeri, cukup banyak pemudik dari luar negeri yang memanfaatkan moment hari raya untuk berkumpul bersama keluarga di tanah air.

Pemudik dari luar negeri berdatangan melalui pelabuhan atau bandara internasional, kebanyakan dari mereka ada TKI yang bekerja selama setahun atau lebih di luar negeri. Sebagaimana dilansir dari tribun news Surabaya, menurut Kepala Disnaker Jatim, Setiajit, diperkirakan ada 4.000 TKI yang mudik ke Jatim tahun ini. Selain cuti, ada pula TKI yang pulang karena masa kontrak kerjanya telah habis.